HTML SUMBAR

HTML SUMBAR

KLICK AJA IKLAN INI.....AYO BERGABUNG....!!!

Hendri_Darmawi

Jumat, 09 September 2011

Dasar Pemikiran HSRT

DASAR PEMIKIRAN

Mengendarai sepeda motor, memiliki
resiko kecelakaan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan kendaraan lain dan kecelakaan yang terjadi tidak hanya bisa menimpa pengendara saja tetapi juga orang lain, penyebabnya bisa berbagai hal mulai dari kondisi sepeda motor, kondisi lingkungan, kondisi fisik pengendara,cara mengendarai dan yang utama kondisi mental pengendara.
Untuk itulah kita mengenal bahkan mungkin ada yang pernah mengikuti berbagai program safety riding atau defensive riding guna meningkatkan keterampilan kita mengemudikan sepeda motor, kemudian kita juga sering melihat berbagai rambu/tanda yang memberikan informasi tentang kondisi lingkungan sekitar kita yang berkaitan dengan lalu lintas kendaraan, kita juga mengenal keharusan service rutin untuk kendaraan kita guna mempertahankan kondisi terbaik kendaraan kita, juga kita mengetahui bahwa ada undang-undang lalu-lintas yang khusus mengatur masalah lalu lintas, tetapi semua itu tidak akan menjamin keselamatan kita dijalan jika sikap dan kondisi mental kita tidak mendukung.

HTML sebagai komunitas pengendara sepeda motor dimana resiko kecelakaan yang cukup tinggi, memiliki anggota yang sebagian besar memiliki latar belakang pendidikan menengah keatas dan didukung oleh kondisi sosial ekonomi yang cukup memadai, karakter member HTML yang seperti ini bukan lagi masanya mendapatkan pemahaman tentang hal-hal diatas melalui suatu doktrin yang kaku, tetapi melalui pendekatan mental sehingga pelaksanaan safety riding bukan lagi suatu pemaksaan tetapi telah menjadi suatu kebutuhan.
HSRT ( HTML Safety Riding Team ) adalah bagian dari HTML yang memiliki fungsi salah satunya adalah mengingatkan member HTML untuk teru
s memperbaiki sikap mentalnya tentang safety riding.
Atas pemikiran seperti diatas, maka dipandang perlu menyampaikan beberapa hal yang harus diketahui oleh member baru HTML tentang upaya pemahaman safety riding dikalangan HTML.


A. HELM

Seperti kita ketahui bahwa kepala adalah bagian paling vital dari anggota badan kita, celakanya kepala adalah bagian dari tubuh kita yang memiliki resiko tinggi menerima benturan saat terjadi kecelakaan, untuk itulah HSRT mewajibkan semua membernya menggunakan dengan benar Helm untuk pengemudi maupun penumpangnya. Helm yang baik adalah secara fisik mampu memberikan perlindungan menyeluruh pada bagian kepala, seperti pada bentuk Full Face atau Half Face, sementara untuk untuk helm Cetok, HSRT sangat tidak mengajurkan untuk menggunakannya.


B. SEPATU

Banyak yang meremehkan tentang penggunaan sepatu dikala kita mengendarai sepeda motor, tetapi faktanya beberapa rekan HTML mengalami kecelakaan cukup serius dikakinya saat mengendarai sepeda motor, HSRT menghimbau agar menggunakan sepatu saat berpergian dengan sepeda motor, dan mewajibkannya saat touring.










C. JAS HUJAN

Banyak rupa jas hujan, tapi tahukah anda, bahwa jas hujan model ponco justru membawa maut bagi pemakainya ?? berkibarnya jas hujan model ponco akan memiliki kemungkinan tersangkut dengan kendaraan lain, beberapa kasus tentang hal ini sudah terjadi, HSRT mewajibkan member HTML tidak menggunakan jas hujan model ponco.
D. KACA SPION DAN LAMPU PENERANGAN

Dengan kaca spion dan lampu penerangan yang berfungsi baik kita akan mudah memahami kondisi lalu lintas disekitar kita sehingga memberikan waktu yang cukup untuk bereaksi, HSRT mewajibkan seluruh sepeda motor member HTML memiliki kaca spion dan lampu penerangan yang berfungsi dengan baik.
Untuk penggunaan kaca spion diwajib kan kepada setiap member HTML memenusi persyaratan yang dianjurkan berdasarkan UU Nomor 22 tahun 2009.









E. MEMATUHI ATURAN LALU LINTAS


Ada hubungan yang jelas antara keselamatan mengendarai sepeda motor di jalan dengan mematuhi aturan lalu lintas, HSRT selalu mengingatkan member HTML dimanapun berada untuk berhenti dibelakang garis putih saat lampu merah menyala, dan tidak memasuki jalur cepat yang bukan diperuntukan sepeda motor.


F. MENGGUNAKAN SIRINE




Sirine hanya boleh digunakan oleh aparat pemerintah yang memiliki wewenang untuk menggunakannya, HSRT melarang penggunaan sirine terhadap member HTML, kecuali untuk petugas touring resmi yang mendapat izin dari kepolisisan.



G. SOPAN DAN BERETIKA

Jalan raya bukan hanya milik pengendara sepeda motor apa lagi member HTML saja, untuk itu diminta agar member H
TML mengedepankan sikap saling menghargai kepada sesama pengguna jalan dan mau menolong sesama pengguna jalan terutama sesama member HTML dan club motor sejenis yang mengalami hambatan di jalan.




H. MEMATUHI ATURAN TOURING

Untuk keselamatan dan kenyamanan touring, HSRT telah menyusun prosedur safety touring, prosedur ini bersifat wajib untuk diikuti oleh peserta touring. Hubungi anggota HSRT untuk mendapatkan prosedur ini. Atau lihat di Info Simbol Kelompok Touring

Delapan point tersebut selalu diingatkan oleh HSRT kepada semua member HTML tanpa terkecuali melalui berbagai cara, diantaranya adalah melalui program publikasi di milist HTML dan satelitenya, ketika anda sebagai member HTML lupa menjalankannya, maka identitas anda berikut kesalahannya akan tertulis disemua media informasi dan komunikasi HTML.



BEBERAPA TIPS Safety Riding.

  • Cek dan jaga selalu kondisi sepeda motor anda, karena anda yang paling mengetahui kondisi layak dan tidaknya motor anda.
  • Biasakan melakukan pengereman dengan menggunakan rem depan dan belakang bersamaan, dengan penekanan 60 % rem depan, 40 % rem belakang, pada saat menekan tuas rem depan gunakan 3 atau 4 jari anda, dan posisi tuas kopling tidak tertekan, latih teknik pengereman ini sehingga ketika mengerem mendadak tidak terjadi penguncian putaran ban.
  • Jangan menikung atau menyalip kendaraan lain, jika anda tidak bisa melihat kondisi didepan anda.
  • Selalu gunakan pakaian yang sesuai, dan mudah dlihat.

SEKILAS TENTANG HSRT

HSRT bukan Provo

st HTML, melainkan bagian dari HTML yang merencanakan dan melaksanakan berbagai program kerja agar safety riding bisa berjalan dengan baik di kalangan HTML dan pengguna sepeda motor umumnya, beberapa program kerja diantaranya adalah menyusun dan menerapkan prosedur safety touring, pelatihan safety riding, pelatihan Basic Life Support dan Kampanye safety riding.
HSRT terbuka bagi semua member HTML untuk berg

abung menjadi anggotanya, dengan syarat utama memiliki komitmen untuk bekerja dan disetujui oleh pengurus HSRT, silahkan hubungi koordinator wilayah anda atau wakilnya untuk bergabung dengan HSRT.


Selamat berkendara yang aman,

HSRT HTML Padang NRA 2400