HTML SUMBAR

HTML SUMBAR

KLICK AJA IKLAN INI.....AYO BERGABUNG....!!!

Hendri_Darmawi

Kamis, 21 Oktober 2010

Kenapa Kucing Tidak Mati Walaupun Jatuh Dari Lantai 5??

Anda mungkin pernah lihat kucing yang jatuh dari tempat tinggi kemudian membalik tubuhnya dan bisa mendarat dengan mulus dan tidak mengalami cedera. Kenapa bisa?Apa kucing benar-benar mempunyai 9 nyawa?Mau tahu kenapa?

http://www.sweetandsourlife.com/wp-content/uploads/2009/01/falling-cat.jpg

Hal ini terjadi karena kucing (dan beberapa hewan lain) punya sistem keseimbangan dan koordinasi yang luar biasa. Sistem inilah yang membuat kucing, ketika jatuh, akan menyadari dalam posisi apa dia jatuh. Kalo dia jatuh dalam posisi terbalik, dia akan segera memutar tubuh sehingga kakinya berada di sebelah bawah, dan bersiap untuk mendarat. Mendaratnya juga ga asal regangin kaki. Kalo manusia jatuh dari tempat tinggi dengan kaki ke bawah, biasanya pasti patah kan. Kalo kucing pinter, mereka setelah memutar kaki ke bawah, segera meregangkan kakinya sehingga angin menahan jatuh tubuhnya. Dan saat bersentuhan dengan tanah, kakinya langsung ditekuk supaya mengecilkan efek jatuhnya.





Rekor tertinggi pernah mencatat bahwa kucing pernah jatuh dari ketinggian lantai 46 tingkat (walaupun sambil jatuh dia sempat mantul2 ke kanopi2) dan tetap bisa bangun dan berjalan dengan agak terpincang. luar biasa kan. Kalo manusia dah mati tuh. Tapi penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi kucing jatuh, makin banyak tulangnya yang patah. Tapi cuma sampe batas lantai 5 tingkat doang. Lebih dari itu, jumlah tulang kucing yang patah menurun drastis, apalagi kalo semakin tinggi.

Nah rahasianya adalah, kucing (dan beberapa hewan lainnya) punya apa yang disebut dengan terminal velocity, yaitu kecepatan jatuh maksimum yaitu 60 mil perjam. Saat kucing jatuh, kan sesuai hukum fisika, kecepatan jatuh si kucing makin bertambah. Ternyata, saat kecepatan jatuh kucing mencapai terminal velocity, di saat itulah kucing merasa paling rileks dan nyaman. Maka dia mulai meregangkan kakinya seperti bajing loncat untuk mengurangi efek jatuhnya. Nah itulah sebabnya makin tinggi dia jatuh, makin ada dia kesempatan untuk merasa rileks. Itu juga sebabnya kalo dijatuhin dari tempat yang rendah, dia ga sempat ngerasa rileks. Makanya jatuhnya lebih berasa.



Copyright : Sumber


Cincin Halo atau Cincin Matahari

Terbentuk karena dispersi butir-butir es atau air pada awan sirrus oleh sinar ultra violet matahari. Gejala ini menurut BMG Makassar adalah hal yang biasa. Fenomena alam ini menarik perhatian warga Makassar.

Cinci halo yang terlihat melingkari Matahari tersebut sebenarnya merupakan hasil pembelokan cahaya Matahari oleh partikel uap air di atmosfer.

Jadi, pada musim hujan ini partikel uap air ada yang naik hingga tinggi sekali di atmosfer. Partikel air memiliki kemampuan untuk membelokkan atau membiaskan cahaya Matahari, karena terjadi pada siang hari, saat posisi Matahari sedang tegak lurus terhadap Bumi, maka cahaya yang dibelokkan juga lebih kecil. "Itu sebabnya yang tampak di mata masyarakat yang kebetulan menyaksikannya adalah lingkaran gelap di sekeliling Matahari.

Fenomena itu sebenarnya sama saja dengan proses terbentuknya pelangi pada pagi atau sore hari setelah hujan. Lengkungan pelangi sering terlihat di bagian bawah cakrawala karena partikel uap air yang membelokkan cahaya Matahari berkumpul di bagian bawah atmosfer. Di sisi lain, pada pagi atau sore hari Matahari pun masih berada pada sudut yang rendah.

Pada posisi yang miring ini, kemampuan partikel air membiaskan cahaya lebih besar, sehingga warna-warna yang muncul juga lebih lengkap.

Pada siang hari, saat Matahari pada posisi tegak lurus terhadap Bumi, kemampuan pembelokan cahaya menjadi rendah sehingga warna yang terlihat sangat terbatas. Warnanya terlihat gelap karena pandangan ke arah Matahari juga terhalang debu. Kalau pada pagi hari, saat udara masih bersih, yang tampak adalah warna kemerahan.




copyright : http://unirab.multiply.com

Minggu, 17 Oktober 2010

SATU DEKADE HONDA-TIGER@YAHOOGROUPS.COM, SATU DASAWARSA KOMUNITAS HONDA TIGER MAILING LIST

Persis hari ini ini, 18 Oktober 2000 sepuluh tahun silam, milis honda-tiger@yahoogroups.com dibuat. Niatnya sederhana, memberikan wadah informasi dan komunikasi para pemilik, penggemar dan pemerhati motor produksi Honda berjenis Sport Bike berkode mesin GL-200 bernama Honda Tiger 2000.

Tentu saja, tak ada yang tertarik. Karena pada masa itu internet masih jadi barang langka. Para bikers juga belum melek internet. Mereka lebih nyaman nongkrong di jalan sampai pagi, daripada di depan layar komputer berjam-jam. Yang punya akses internet kala itu memang masih terbatas pada para pekerja kantoran, itupun hanya bagi mereka yang pekerjaannya harus berhubungan dengan informasi terkini dari dunia luar.

Walhasil, milis kosong. Bahkan sang administrator pembuatnya, Dinar Arifiento, baru memulai postingan singkatnya sendiri dua minggu kemudian untuk memancing diskusi. Setelah itu menghilang kembali dan diskusi di milis pun masih bisa dihitung dengan jari. Dua tahun milis honda-tiger stagnan. Tak lebih dari 100 postingan per bulannya.

Penghuninya pun tak melulu empunya motor sport Honda, beberapa justru pemilik Suzuki Thunder, Trail, Moge bahkan juga Mocin. Mungkin karena saat itu milis ini adalah satu satunya milis bikers yang ada. “Mengutip ungkapan bikers di luar negeri, Kami tak perduli apa motor anda, tapi kami sangat peduli bagaimana cara mengendarainya,” tulis Dinar di milis kala itu.

Masa-masa suram perlahan tapi pasti terlewati. Seiring penetrasi internet yang semakin tinggi, jumlah penghuni milis pun tak hanya bertambah namun juga lebih aktif. Sekedar bertanya mengenai bengkel rekomendasi, masalah mesin, hingga cela-celaan yang tidak penting.

Tanpa disadari, milis honda-tiger akhirnya menjadi rumah yang nyaman bagi mereka untuk bertukar informasi. Karena faktanya, tidak sedikit bikers yang ingin berinteraksi tapi tak sempat ikut club atau bahkan enggan. Kala itu masuk ke sebuah club motor adalah sebuah ekslusifitas, karena harus menyiapkan waktu lebih untuk aktif dan wajib mengikuti inisiasi calon anggota.

Interaksi yang intens dari rekan rekan di milis ini pun akhirnya menelorkan sebuah komunitas bikers baru yang unik dan khas, cair namun sangat kuat pride-nya, komunitas Honda Tiger Mailing List (HTML) pada 17 Agustus 2002. Pembentukan komunitas HTML setiap tahunnya dirayakan dengan turing napak tilas, untuk meniti perjalanan dan mengikrarkan komitmen yang sama dengan rekan-rekan milis awal yang membangun HTML.

Satu dekade sudah usia milis honda-tiger ini, satu dasawarsa sudah komunitas HTML. Milis adalah rumah induk komunitas HTML, karena disinilah komunitas ini lahir dan berkembang hingga saat ini. Milis ini sekaligus juga menjadi rumah bagi 6.468 subscribernya, tanpa membedakan merek, cc motor, club atau komunitasnya. Karena disinilah dimana brotherhood tak kenal limitasi. Honda-tiger@yahoogroups.com, Where Brotherhood Has No Limit!

Selamat ulang tahun rumah induk kami, honda-tiger@yahoogroups.com. Satu Dasawarsa tentu tak sebentar, terima kasih sudah menjadi rumah diskusi bagi kami semua, dari awal hingga saat ini dan sampai kapanpun juga.

Jakarta. 18 Oktober 2010

penulis: Dinar Ariefianto, HTML 0001

editor: Suharjo Nugroho, HTML 0002

photo: sumber diambil dari berbagai sumber di facebook


Peserta kopdar perdana member millist honda-tiger@yahoogroups.com di Patung Panahan Parkir Timur Senayan, 8 tahun yang lalu
17 Agustus 2002, Turing Perdana member millist honda-tiger@yahoogroups.com dan lahirnya Komunitas HTML
Suasana Turing Perdana ke Puncak, 17 Agustus 2002
Palbut, lokasi Hang Out HTML di pojok jalan Sabang jakarta
2003, HUT HTML di Bandung bareng TAB
Napak Tilas pertama setelah 17 Agustus 2002
HTML @ Jambore Honda Tiger di Lampung, 2004
HTML @ Satu Dekade TAB, 2004
HTML menembus BIMA
Team Banditos HTML perdana menuju Bali, 2003
HTML @ Bromo
Bengkel AHASS HTML - Komunitas Bikers pertama yang memiliki bengkel resmi Honda
Jambore Honda Tiger PETIKEMAS @ Semarang, 2005
Sarasehan 2005 @ Ragunan. Sarasehan dengan peserta terbanyak, 800 motor peserta.
HUT HTML Back to Parkit!
Group Riding Course HTML @ Bogor. SRC dengan peserta terbanyak
Board of Moderator HTML, inilah para pemegang "remote control web & millist"